KEGIATAN KOLASE
(MENEMPEL DAN MENGISI POLA)
![]() |
Picture: Bunga Dahlia |
Tema : Tanamanku
Sub tema : Tanaman Hias (Bunga Dahlia)
1.
Alat dan bahan yang dibutuhkan:
a. Pola/sketsa gambar bunga dahlia
b. Serbuk rautan pensil
c. Kacang hijau
d. Kertas warna merah
e. Lem
f.
Gunting
2.
Tujuan kegiatan
a.
Kegiatan kolase
ini bertujuan untuk menstimulasi motorik halus anak (jari jemari) anak serta
koordinasi mata dan tangan.
b.
Mengaktifkan
berfikir kreatif anak dengan menyediakan pilihan warna, pola yang menarik
sehingga menstimulasi kreativitas anak.
c.
Melatih
konsentrasi anak pada saat memilih dan menempel pola sangat dibutuhkan pula
koordinasi pergerakan tangan dan mata.
d.
Dapat
mengenalkan anak berbagai macam warna
e.
Dapat
mengenalkan bentuk, misalnya bentuk buah mangga, daunnya serta bentuk geometri
yang digunakan sebagai pola untuk menempel.
3.
Langkah-langkah yang dilakukan
Sebelum memulai
kegiatan kolase (menempel dan menyusun pola) guru perlu menyediakan sketsa
gambar sesuai tema yang digunakan dan menarik bagi anak.
a.
Guru membagikan
kepada anak sketsa gambar bunga dahlia yang disukai oleh anak.
b.
Guru menyediakan
serbuk hasil rautan pensil yang akan ditempel oleh anak ke pola bunga dahlia.
c.
Anak duduk
secara melingkar dengan meja dan kursi yang telah disediakan
d.
Guru memberi
anak masing-masing 1 buah lem.
e.
Guru mengajarkan
dulu kepada anak cara menempel dan menyusun pola tersebut
f.
Guru memberikan
instruksi kepada anak untuk memulai kegiatan menempel dan menyusun pola.
g.
Setelah selesai
anak diminta untuk bercerita mengenai pengetahuannya tentang mangga.
4.
Aspek-aspek yang dinilai
a.
Kerapian
Dalam
kegiatan kolase (menempel dan menyusun pola) ini kerapian juga termasuk yang
harus diperhatikan, karena kerapian anak dalam menyusun serbuk rautan pensil
juga akan menentukan bentuk dari pola bunga dahlia tersebut.
b.
Kesabaran
Dalam
kegiatan kolase (menempel dan menyusun pola) ini kesabaran anak juga sangat
terlatih karena, karena saat mengerjakan atau menyusun pola yang ditempel
terdiri dari beberapa kepingan sehingga anak harus sabar dalam mengerjakannya.
c.
Pemecahan
masalah
Karan
dalam kegiatan kolase ini membutuhkan kemampuan anak dalam memecahkan masalah,
seperti kemampuan anak dalam menentukan susunan serbuk rautan pensil sehingga
bentuk bunga nya lebih indah, daun dan batangnya menggunakan kacang hijau
sehingga anak kemampuan berfikir anak sangat diperkuat.
d.
Antusias
Dalam
kegiatan kolase ini antusia anak juga merupakan aspek yang perlu dinilai,
karena ada anak yang semangat dalam mengerjakan dan ada anak yang bosan dengan kegiatan.
e.
Kreativitas
Kreativitas
anak juga dinilai, karena ada sebagian anak yang menggunakan warna dalam kolase
1 warna saja dan ada yang menggunakan warna yang berwarna-warni.
5.
Aspek yang dikembangkan
a.
Aspek fisik
motorik (motorik halus)
Dalam
kegiatan kolase (menempel dan menyusun pola) dapat menstimulasi motik halus
anak, saat menggunakan jari-jemarinya menempelkan kertas warna yang telah
disediakan.
b.
Aspek kognitif
Dalam
kegiatan kolase (menempel dan menyusun pola) ini juga daapt menstimulasi
kemampuan aspek kognitif anak, karena anak dapat mengetahui mengenai bunga
dahlia, daunnya dan batangnya.
c.
Aspek nilai
agama dan moral
Karena
anak mengenal bunga dahlia tersebut anak juga bersyukur dan perlu merawatnya
karna bunga merupakan rezeki dari allah SWT.
d.
Aspek bahasa
Dalam
kegiatan ini aspek bahasa anak juga berkembang karena setelah anak selesai
menempel anak diminta untuk bercerita mengenai pengetahuan dan pengalaman anak
mengenai bunga dahlia.
e.
Aspek sosial
emosional
Aspek
emosional anak juga dapat berkembang ketika anak bersabar dalam menempel kertas
warna yang telah digunting.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar