Senin, 14 Desember 2015

KEGIATAN KOLASE (MENEMPEL DAN MENGISI POLA)



KEGIATAN KOLASE (MENEMPEL DAN MENGISI POLA)

Picture: Bunga Dahlia

Tema              : Tanamanku
Sub tema        : Tanaman Hias (Bunga Dahlia)
1.      Alat dan bahan yang dibutuhkan:
a.      Pola/sketsa gambar bunga dahlia
b.      Serbuk rautan pensil
c.       Kacang hijau
d.      Kertas warna merah
e.      Lem
f.        Gunting
2.      Tujuan kegiatan
a.       Kegiatan kolase ini bertujuan untuk menstimulasi motorik halus anak (jari jemari) anak serta koordinasi mata dan tangan.
b.      Mengaktifkan berfikir kreatif anak dengan menyediakan pilihan warna, pola yang menarik sehingga menstimulasi kreativitas anak.
c.       Melatih konsentrasi anak pada saat memilih dan menempel pola sangat dibutuhkan pula koordinasi pergerakan tangan dan mata.
d.      Dapat mengenalkan anak berbagai macam warna
e.       Dapat mengenalkan bentuk, misalnya bentuk buah mangga, daunnya serta bentuk geometri yang digunakan sebagai pola untuk menempel.
3.      Langkah-langkah yang dilakukan
Sebelum memulai kegiatan kolase (menempel dan menyusun pola) guru perlu menyediakan sketsa gambar sesuai tema yang digunakan dan menarik bagi anak.
a.       Guru membagikan kepada anak sketsa gambar bunga dahlia yang disukai oleh anak.
b.      Guru menyediakan serbuk hasil rautan pensil yang akan ditempel oleh anak ke pola bunga dahlia.
c.       Anak duduk secara melingkar dengan meja dan kursi yang telah disediakan
d.      Guru memberi anak masing-masing 1 buah lem.
e.       Guru mengajarkan dulu kepada anak cara menempel dan menyusun pola tersebut
f.       Guru memberikan instruksi kepada anak untuk memulai kegiatan menempel dan menyusun pola.
g.      Setelah selesai anak diminta untuk bercerita mengenai pengetahuannya tentang mangga.
4.      Aspek-aspek yang dinilai
a.       Kerapian
Dalam kegiatan kolase (menempel dan menyusun pola) ini kerapian juga termasuk yang harus diperhatikan, karena kerapian anak dalam menyusun serbuk rautan pensil juga akan menentukan bentuk dari pola bunga dahlia tersebut.
b.      Kesabaran
Dalam kegiatan kolase (menempel dan menyusun pola) ini kesabaran anak juga sangat terlatih karena, karena saat mengerjakan atau menyusun pola yang ditempel terdiri dari beberapa kepingan sehingga anak harus sabar dalam mengerjakannya.
c.       Pemecahan masalah
Karan dalam kegiatan kolase ini membutuhkan kemampuan anak dalam memecahkan masalah, seperti kemampuan anak dalam menentukan susunan serbuk rautan pensil sehingga bentuk bunga nya lebih indah, daun dan batangnya menggunakan kacang hijau sehingga anak kemampuan berfikir anak sangat diperkuat.
d.      Antusias
Dalam kegiatan kolase ini antusia anak juga merupakan aspek yang perlu dinilai, karena ada anak yang semangat dalam mengerjakan dan  ada anak yang bosan dengan kegiatan.   
e.       Kreativitas
Kreativitas anak juga dinilai, karena ada sebagian anak yang menggunakan warna dalam kolase 1 warna saja dan ada yang menggunakan warna yang berwarna-warni.
5.      Aspek yang dikembangkan
a.       Aspek fisik motorik (motorik halus)
Dalam kegiatan kolase (menempel dan menyusun pola) dapat menstimulasi motik halus anak, saat menggunakan jari-jemarinya menempelkan kertas warna yang telah disediakan.
b.      Aspek kognitif
Dalam kegiatan kolase (menempel dan menyusun pola) ini juga daapt menstimulasi kemampuan aspek kognitif anak, karena anak dapat mengetahui mengenai bunga dahlia, daunnya dan batangnya.
c.       Aspek nilai agama dan moral
Karena anak mengenal bunga dahlia tersebut anak juga bersyukur dan perlu merawatnya karna bunga merupakan rezeki dari allah SWT.
d.      Aspek bahasa
Dalam kegiatan ini aspek bahasa anak juga berkembang karena setelah anak selesai menempel anak diminta untuk bercerita mengenai pengetahuan dan pengalaman anak mengenai bunga dahlia.
e.       Aspek sosial emosional
Aspek emosional anak juga dapat berkembang ketika anak bersabar dalam menempel kertas warna yang telah digunting.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar