Senin, 14 Desember 2015

PUZZLE JAM KREATIF



Prosedur Pemilihan/Pembuatan Media
(PUZZLE JAM KREATIF)




Analisis Kebutuhan :
a.      Karakteristik peserta didik
1.      Anak bersifat egosentris
Anak lebih mementingkan kepentingan dirinya sendiri. Karaktersitik itu berkaitan dnegan perkembangan kognitif anak menurut Piagetian yaitu pada fase Praoperasional pola berfikir anak bersifat egosenris dan simbolik karena anak melakukan operasi-operasi mental atas pengetahuan yang mereka miliki belum dapat bersikap sosial yang juga melibatkan orang lain yang ada disekitarnya, asyik dengan kegiatan sendiri dan memuaskan diri sendiri.
2.      Anak memiliki rasa ingin tahu
Anak berpandangan bahwa dunia dipenuhi hal-hal yang menarik dan menakjubkan, sehingga mendorong rasa ingin tahu yang tinggi. Rasa ingin tahu anak bervariasi tergantung dengan apa yang menarik perhatian anak, seperti warna-warna terang.
3.      Anak bersifat unik
Menurut Bredekamp (1987) anak memiliki keunikan sendiri seperi dalam gaya belajar, minat, latar belakang keluarga, kemampuan dan latar belakang budaya.
4.      Anak kaya imajinasi dan fantasi
Anak memiliki ketertarikan dengan hal-hal yang bersifat imajinatif sehingga anak kaya dengan fantasi. Terkadang anak bertanya tentang sesuatu yang tidak dapat dejawab oleh orang dewasa, hal itu disebabkan karena anak memiliki fantasa yang luar biasa dan berkembang

b.      Tujuan pembelajaran (Indikator dan aspek yang ingin dicapai)
Tema               : Binatang
Sub tema         : macam-macam binatang (Binatang darat dan air)
Indikator         :
·         Menyebutkan nama-nama binatang ciptaan tuhan (NAM)
·         Menyebutkan kembali kata-kata yang baru didengar ( Bahasa)
·         Mengelompokkan benda yang sejenis ( Kognitif)
·         Menghubungkan/ memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda sampai 10 (Kognitif)
·         Menirukan gerakkan binatang kesayangan: kelinci (Motorik Kasar)
Tujuan :
·         Anak mampu menyebutkan nama-nama binatang ciptaan tuhan melalui gambar yang telah disediakan.
·         Anak mampu menyebutkan kata-kata yang baru didengar ketika guru menyebutkan bahasa inggris dari nama binatang tersebut.
·         Anak mampu mengelompokkan benda yang sejenis dari gambar yang telah disediakan, seperti,  kelompok binatang peliharaan, binatang kesayangan dan binatang buas.
·         Anak mampu menghubungkan/ memasangkan lambang bilangan dengan gambar yang telah disediakan, seperti gambar 4 buah ayam angka 4.
·         Anak mampu menirukan gerakkan melompat binatang kesayangan, seperti cara kelinci melompat.
Aspek yang ingin dicapai :
1.      Aspek nilai agama dan moral
Melalui permainan jam kreatif ini anak dapat mengembangkan aspek nilai agama dan moral anak yaitu dengan meminta anak untuk menyebutkan nama-nama binatang peliharaan, kesayang dan buas merupakan ciptaan allah, dan mengatakan kepada anak, kita tidak boleh meyakiti ciptaan allah dan yang mempunyai binatang peliharaan dan binatang kesayangan di rumah harus diberi makan.
2.      Aspek Bahasa
Melalui permainan ini anak mengembangkan aspek bahasanya, yaitu ketika seorang guru menyebutkan bahasa inggrisnya diantara nama-nama binatang tersebut, seperti bahasa inggrisnya kucing yaitu : cat, setelah itu anak disuruh mengulang kata tersebut.
3.      Aspek Kognitif
Melalui permainan ini anak dapat mengembangkan aspek kognitifnya, setelah guru menjelaskan kelompk-kelompok biantang, yaitu ketika guru meminta anak untuk mengelompokkan gambar binatang: kelompok binatang peliharaan, kelompok binatang kesayangan dan kelompok binatang buas. Selain itu, anak juga dapat mengembangkan aspek kognitifnya melalui permainan memasangkan lambang bilangan dengan gambar yang telah disediakan, misalnya 4 buah gambar ayam, lambang angkanya yaitu angka 4.

Menjumlahkan 2 buah kepingan puzzle serta angka yang melambangkannya
 
Mengenal Lambang Bilangan

Menghubungkan jumlah gambar dengan Lambang Bilangan

4.      Aspek motorik kasar
Melalui permainan ini anak mampu menirukan gerakkan melompat, binatang kesayangan, seperti gerakan melompat kelinci.

c.       Cara memainkan permainan Jam Kreatif kepada anak
Permainan jam kreatif ini banyak memberikan unsur pengetauan baru kepada anak. Cara memainkannya yaitu: pertama guru menjelaskan dulu bagian-bagian yang ada pada jam kreatif tersebut, yaitu terdapat angka-angka dari jam, jarum jam, bahasa inggrisnya nama-nama binatang dan gambar binatang yang terdiri dari 1-8 binatang. Setelah itu guru menyebutkan angka-angka yang ada pada jam, menyebutkan bahasa inggrisnya dari nama-nama binatang tersebut.
Selanjutnya guru meminta anak untuk mengulang kembali bahasa inggrisnya nama-nama binatang yang ada pada gambar. Permainan selanjutnya yaitu, guru meminta anak untuk mengelompokkan binatang kedalam jenis kelompoknya. Guru menyediakan tulisan binatang peliharaan, binatang kesayangan dan binatang buas. Anak menyusun gambar pada tulisan yang telah disediakan oleh guru.
Permainan selanjutnya guru meminta anak untuk memasangkan lambang bilangan dengan gambar binatang tersebut, seperti 3 buah gambar ikan lambang bilangannya yaitu angka 3 dan 2 buah gambar kambing + 1 buah gambar sapi hasilnya 3. Setelah itu guru meminta anak untuk menirukan gerakkan dari binatang salah satunya yaitu gerakkan kelinci melompat.
            
d.      Memilih media
 Pemilihan media disesuaikan dengan kemampuan membuatnya dan disesuaikan dengan tema dan sub tema yang ingin berikan kepada anak sehingga dapat meningkatkan pengetahuan anak dan berdasarkan indikator-indikator yang ingin dicapai. Media yang dibuat berupa jam kreatif dapat mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak, dominannya dapat mengembangkan aspek perkembangan kognitif dan bahasa anak, karena permainan ini di masukkan unsur pengenalan kosakata bahasa inggris kepada anak.
1.      Ketersediaan bahan
v  Alat dan bahan
-          Sterofom                     -  Rol
-          Pisau                            -  pensil
-          Tutup botol obat         -  Double tipe
-          Gunting                       -  Kertas karton bekas
-          Kertas origami             -  Kardus bekas
-          Gambar binatang         -  jarum dan benang jahit

v  Cara pembuatan Jam kreatif
-          Langkah pertama kita garis dulu sterofom yang akan di potong-potong menggunakan pensil dan rol, saya membagi potongan-potongan sterofom menjadi 8 bagian.
-          Potong bagian-bagain sterofom yang telah di garis tadi.
-          Setelah itu, gunting kertas origami menyerupai potongan-potongan sterofom tersebut.
-          Tempelkan kertas origami ke potongan-potongan sterofom
-          Selanjutnya bentuk angka-angka jam (1-12) berbetuk bulat menggunakan tutup botol obat.
-          Gunting kertas origami berwarna warni berbentuk bulat untuk menutupi sterofom yang di bentuk bulat menggunakan totop botol obat tadi.
-          Bentuk jarum jam yang panjang dan pendek menggunakan kerdus bekas, lalu dempetkan sedikit unjung dari jarum jam tersebut, lalu jahit, sampai tembus kebelakang sterofom.
-          Tempelkan huruf bahasa inggrisnya dari nama-nama binatang.
-          Tempelkan juga gambar binatang berdasarkan bahasa inggrisnya nama-nama binatang. Gambar binatangnya : 1 buah gambar sapi, 2 buah gambar kambing dan seterusnya sampai 8 buah gambar ular.
-          Untuk memperindah, tempelkan kertas karton bekas untuk pinggir/tepi dari jam kreatif tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar