Prosedur Pemilihan/Pembuatan Media
(PUZZLE JAM KREATIF)
Analisis
Kebutuhan :
a. Karakteristik peserta didik
1. Anak
bersifat egosentris
Anak lebih mementingkan
kepentingan dirinya sendiri. Karaktersitik itu berkaitan dnegan perkembangan
kognitif anak menurut Piagetian yaitu pada fase Praoperasional pola berfikir
anak bersifat egosenris dan simbolik karena anak melakukan operasi-operasi mental
atas pengetahuan yang mereka miliki belum dapat bersikap sosial yang juga
melibatkan orang lain yang ada disekitarnya, asyik dengan kegiatan sendiri dan
memuaskan diri sendiri.
2. Anak
memiliki rasa ingin tahu
Anak berpandangan bahwa
dunia dipenuhi hal-hal yang menarik dan menakjubkan, sehingga mendorong rasa
ingin tahu yang tinggi. Rasa ingin tahu anak bervariasi tergantung dengan apa
yang menarik perhatian anak, seperti warna-warna terang.
3. Anak
bersifat unik
Menurut Bredekamp
(1987) anak memiliki keunikan sendiri seperi dalam gaya belajar, minat, latar
belakang keluarga, kemampuan dan latar belakang budaya.
4. Anak
kaya imajinasi dan fantasi
Anak memiliki
ketertarikan dengan hal-hal yang bersifat imajinatif sehingga anak kaya dengan
fantasi. Terkadang anak bertanya tentang sesuatu yang tidak dapat dejawab oleh
orang dewasa, hal itu disebabkan karena anak memiliki fantasa yang luar biasa
dan berkembang
b.
Tujuan
pembelajaran (Indikator dan aspek yang ingin dicapai)
Tema
: Binatang
Sub
tema : macam-macam binatang
(Binatang darat dan air)
Indikator :
·
Menyebutkan nama-nama binatang ciptaan
tuhan (NAM)
·
Menyebutkan kembali kata-kata yang baru
didengar ( Bahasa)
·
Mengelompokkan benda yang sejenis (
Kognitif)
·
Menghubungkan/ memasangkan lambang
bilangan dengan benda-benda sampai 10 (Kognitif)
·
Menirukan gerakkan binatang kesayangan:
kelinci (Motorik Kasar)
Tujuan
:
·
Anak mampu menyebutkan nama-nama
binatang ciptaan tuhan melalui gambar yang telah disediakan.
·
Anak mampu menyebutkan kata-kata yang
baru didengar ketika guru menyebutkan bahasa inggris dari nama binatang
tersebut.
·
Anak mampu mengelompokkan benda yang
sejenis dari gambar yang telah disediakan, seperti, kelompok binatang peliharaan, binatang
kesayangan dan binatang buas.
·
Anak mampu menghubungkan/ memasangkan
lambang bilangan dengan gambar yang telah disediakan, seperti gambar 4 buah
ayam angka 4.
·
Anak mampu menirukan gerakkan melompat
binatang kesayangan, seperti cara kelinci melompat.
Aspek
yang ingin dicapai :
1. Aspek
nilai agama dan moral
Melalui permainan jam
kreatif ini anak dapat mengembangkan aspek nilai agama dan moral anak yaitu
dengan meminta anak untuk menyebutkan nama-nama binatang peliharaan, kesayang
dan buas merupakan ciptaan allah, dan mengatakan kepada anak, kita tidak boleh
meyakiti ciptaan allah dan yang mempunyai binatang peliharaan dan binatang
kesayangan di rumah harus diberi makan.
2. Aspek
Bahasa
Melalui permainan ini
anak mengembangkan aspek bahasanya, yaitu ketika seorang guru menyebutkan
bahasa inggrisnya diantara nama-nama binatang tersebut, seperti bahasa
inggrisnya kucing yaitu : cat, setelah itu anak disuruh mengulang kata
tersebut.
3. Aspek
Kognitif
Melalui permainan ini
anak dapat mengembangkan aspek kognitifnya, setelah guru menjelaskan
kelompk-kelompok biantang, yaitu ketika guru meminta anak untuk mengelompokkan
gambar binatang: kelompok binatang peliharaan, kelompok binatang kesayangan dan
kelompok binatang buas. Selain itu, anak juga dapat mengembangkan aspek
kognitifnya melalui permainan memasangkan lambang bilangan dengan gambar yang
telah disediakan, misalnya 4 buah gambar ayam, lambang angkanya yaitu angka 4.
Menjumlahkan 2 buah kepingan puzzle serta angka yang melambangkannya |
Mengenal Lambang Bilangan |
Menghubungkan jumlah gambar dengan Lambang Bilangan |
4. Aspek
motorik kasar
Melalui permainan ini
anak mampu menirukan gerakkan melompat, binatang kesayangan, seperti gerakan
melompat kelinci.
c.
Cara
memainkan permainan Jam Kreatif kepada anak
Permainan jam kreatif ini banyak memberikan unsur
pengetauan baru kepada anak. Cara memainkannya yaitu: pertama guru menjelaskan
dulu bagian-bagian yang ada pada jam kreatif tersebut, yaitu terdapat
angka-angka dari jam, jarum jam, bahasa inggrisnya nama-nama binatang dan
gambar binatang yang terdiri dari 1-8 binatang. Setelah itu guru menyebutkan
angka-angka yang ada pada jam, menyebutkan bahasa inggrisnya dari nama-nama
binatang tersebut.
Selanjutnya guru meminta anak untuk mengulang
kembali bahasa inggrisnya nama-nama binatang yang ada pada gambar. Permainan
selanjutnya yaitu, guru meminta anak untuk mengelompokkan binatang kedalam
jenis kelompoknya. Guru menyediakan tulisan binatang peliharaan, binatang
kesayangan dan binatang buas. Anak menyusun gambar pada tulisan yang telah
disediakan oleh guru.
Permainan selanjutnya guru meminta anak untuk
memasangkan lambang bilangan dengan gambar binatang tersebut, seperti 3 buah
gambar ikan lambang bilangannya yaitu angka 3 dan 2 buah gambar kambing + 1
buah gambar sapi hasilnya 3. Setelah itu guru meminta anak untuk menirukan
gerakkan dari binatang salah satunya yaitu gerakkan kelinci melompat.
d.
Memilih
media
Pemilihan media disesuaikan dengan kemampuan
membuatnya dan disesuaikan dengan tema dan sub tema yang ingin berikan kepada
anak sehingga dapat meningkatkan pengetahuan anak dan berdasarkan
indikator-indikator yang ingin dicapai. Media yang dibuat berupa jam kreatif
dapat mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak, dominannya dapat
mengembangkan aspek perkembangan kognitif dan bahasa anak, karena permainan ini
di masukkan unsur pengenalan kosakata bahasa inggris kepada anak.
1. Ketersediaan
bahan
v Alat
dan bahan
-
Sterofom - Rol
-
Pisau - pensil
-
Tutup botol obat - Double tipe
-
Gunting - Kertas karton bekas
-
Kertas origami - Kardus bekas
-
Gambar binatang - jarum dan benang
jahit
v Cara
pembuatan Jam kreatif
-
Langkah pertama kita garis dulu sterofom
yang akan di potong-potong menggunakan pensil dan rol, saya membagi
potongan-potongan sterofom menjadi 8 bagian.
-
Potong bagian-bagain sterofom yang telah
di garis tadi.
-
Setelah itu, gunting kertas origami
menyerupai potongan-potongan sterofom tersebut.
-
Tempelkan kertas origami ke
potongan-potongan sterofom
-
Selanjutnya bentuk angka-angka jam
(1-12) berbetuk bulat menggunakan tutup botol obat.
-
Gunting kertas origami berwarna warni
berbentuk bulat untuk menutupi sterofom yang di bentuk bulat menggunakan totop
botol obat tadi.
-
Bentuk jarum jam yang panjang dan pendek
menggunakan kerdus bekas, lalu dempetkan sedikit unjung dari jarum jam
tersebut, lalu jahit, sampai tembus kebelakang sterofom.
-
Tempelkan huruf bahasa inggrisnya dari
nama-nama binatang.
-
Tempelkan juga gambar binatang
berdasarkan bahasa inggrisnya nama-nama binatang. Gambar binatangnya : 1 buah
gambar sapi, 2 buah gambar kambing dan seterusnya sampai 8 buah gambar ular.
-
Untuk memperindah, tempelkan kertas
karton bekas untuk pinggir/tepi dari jam kreatif tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar